Berikut Makanan Yang Dapat Menenangkan Ulkus Lambung

Oleh Hendarman on . Posted in LIFESTYLE - Cantik Sehat & Bugar

Ilustrasi yogurt. |©2013 Merdeka.com/Shutterstock/HLPhoto Ilustrasi yogurt. |©2013 Merdeka.com/Shutterstock/HLPhoto

Luka menyakitkan dan lembut yang terdapat di daerah usus kecil, kerongkongan dan perut disebut ulkus. Gejala utama dari luka tersebut adalah munculnya sensasi terbakar di perut. Ulkus akan menimbulkan rasa sakit yang hebat dan bahkan dapat menyebabkan muntah, gangguan pencernaan, gerakan usus yang tidak teratur, mulas dan mual.

Sebuah strain bakteri yang dinamakan H. pylori biasanya menyebabkan ulkus tersebut. Mereka merusak lapisan mukosa saluran pencernaan dengan membuatnya kurus dan lemah, menyebabkan asam hadir dalam kerusakan lapisan saluran pencernaan perut. Kebanyakan orang mencoba untuk menyembuhkan ulkus dengan menggunakan antibiotik, tetapi obat yang paling efektif untuk menenangkan ulkus lambung adalah dengan mengonsumsi jenis makanan yang tepat.

Berikut beberapa makanan yang dapat menenangkan ulkus lambung atau juga disebut tukak lambung, seperti dilansir Boldsky.

1. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Madu dapat melawan dan menghancurkan bakteri H. pylori dan menenangkan rasa sakit maag. Madu juga ampuh menenangkan lapisan yang teriritasi di lambung, kerongkongan dan usus. Madu juga melapisi luka akibat maag dan mengurangi rasa perih karena maag.

2. Yogurt

Yogurt mengandung bakteri yang dapat membunuh kuman yang hadir pada ulkus lambung dan membantu meringankan rasa sakit. Rasa sakit ini disebabkan oleh bakteri berbahaya di sekitar ulkus, yang dihancurkan oleh bakteri menguntungkan yang ada dalam yogurt.

3. Sereal

Sereal mengandung sejumlah besar karbohidrat kompleks yang bermanfaat dalam menenangkan rasa sakit akibat maag. Serat yang terkandung dalam sereal akan membantu menghadapi masalah yang dihadapi pencernaan dan meningkatkan pencernaan makanan.

4. Kubis

Kubis mengandung banyak asam amino, L-glutamin, dan Gefarnate yang merupakan zat ampuh dalam menghilangkan sakit maag. Mereka membantu menghancurkan ulkus dengan melindungi lapisan pencernaan dan juga memastikan bahwa luka baru tidak akan muncul. Kubis juga meningkatkan produksi lendir yang melapisi dan melindungi luka yang ada untuk membuatnya menjadi tidak terlalu menyakitkan atau semakin parah.

5. Bawang putih

Memiliki sifat antibakteri dan antivirus, bawang putih dapat melawan dan menghancurkan bakteri yang menyebabkan ulkus lambung atau tukak lambung.

6. Kentang

Kentang dapat bermanfaat dalam menenangkan sakit maag. Tetapi, pastikan bahwa Anda tidak mengonsumsinya dalam bentuk kentang goreng atau makanan yang digoreng karena dapat memperburuk gejala tukak lambung.

Inilah enam makanan yang dapat menenangkan ulkus lambung atau tukak lambung. Selamat mencoba![des]

 

Sumber  :  Merdeka.com

Reporter : Destriyana

Add comment