Panorama Alam Kota Ambon Manise Bagaikan Surga

Oleh Hendarman on . Posted in LIFESTYLE - Wisata & Kuliner

 Patung Martha Christina Tiahahu di Kota Ambon, Maluku. | BARRY KUSUMA Patung Martha Christina Tiahahu di Kota Ambon, Maluku. | BARRY KUSUMA

AMBON, MALUKU - Pada tanggal 25 Mei 2013 Tim Baronda Maluku yang terdiri dari blogger, fotografer dan videographer menjelajahi Maluku dengan dukungan penuh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Baronda Maluku (bahasa daerah maluku) yang mempunyai arti "jalan-jalan ke Maluku" mengeksplor keindahan Maluku yang tidak banyak orang tahu. Kali ini tim Baronda Maluku mengunjungi Ambon Manise.

Ambon adalah ibu kota Provinsi Maluku. Dahulu Ambon dikenal sebagai daerah peghasil rempah-rempah terbaik dunia sampai sekarang pun masih. Selain penghasil rempah-rempah, Ambon juga dikenal keindahan alamnya yang begitu memukau bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Kota Ambon terletak di daerah datar yang dikelilingi oleh Teluk Ambon yang indah yang didukung oleh pegunungan hijau subur dan menghadap dalam air jernih dan taman karang berwarna-warni dan spesies beraneka ragam.

Kota Ambon juga dikenal sebagai 'Ambon Manise' yang berarti Ambon itu manis atau cantik. Nama ini dikarenakan keindahan alam Ambon yang menawan dan keramahan orang di sini dan juga Ambon dikenal sebagai pulau tropisnya Indonesia.

Sebagai salah satu tempat paling awal di Indonesia yang ditempati oleh kekuasaan kolonial Belanda, Ambon memiliki sejarah yang panjang. Banyak kebudayaan Ambon saat ini telah tercampur warisan Eropa dan masyarakat lokal Ambon.

Di sini kita dapat menemukan benteng abad tua dan literatur kerajaan lokal yang menelusuri banyak cerita rakyat. Selain itu Ambon sebagai tempat berbagai ras ada di sini dan rumah bagi berbagai etnis salah satunya termasuk suku Alifuru asli, orang Jawa yang datang ke sini, Sumatra, Minahasa, orang-orang Arab yang datang pada abad ke-9. Demikian juga bangsa Eropa, dan China yang pertama datang di abad ke-7 untuk berdagang di daerah makmur pulau rempah-rempah ini.

Pada tahun 2000-an Ambon sempat mengalami konflik berkepanjangan, tetapi saat ini Ambon merupakan destinasi yang sangat aman. Ketika saya berkeliling dan jalan-jalan di Ambon masyarakatnya sangat ramah dan berita yang santer diberitakan akibat konflik sama sekali tidak saya rasakan di sini.

Teluk Ambon di Maluku|Barry KusumaTeluk Ambon di Maluku|Barry Kusuma

Salah satu ikon Kota Ambon adalah patung Martha Christina Tiahahu yang merupakan patung penghargaan untuk seorang pahlawan, anti penjajah yang berjuang melawan Belanda bersama ayahnya pada awal abad ke-19. Ketika ayahnya dieksekusi karena mendukung gerakan perlawanan Martha melanjutkan pertarungan, namun dirinya kelaparan sampai mati ketika ditangkap oleh Belanda.


Untuk mengingat sepak terjang pejuang yang gigih melawan penjajah itu maka dibuatlah patung Martha Christina Tiahahu yang letaknya di atas bukit di samping gedung DPRD. Letak patung ini menghadap teluk dan Kota Ambon. Lokasi ini merupakan spot terbaik untuk memotret, paling tepat memotret patung ini di kala senja.

Berikut beberapa lokasi wisata yang dapat kita kunjungi di Kota Ambon.

1. Patung Pattimura di Lapangan Merdeka
2. Tugu Dolan di Kudamati
3. Tugu Trikora di Urimesing
4.
Patung Franciscus Xaverius di Batumeja
5. Rumphius monumen di Batu Meja
6. Namalatu Beach di Latuhalat
7. Natsepa Indah Beach di Natsepa
8. Santai Beach di Latuhalat
9. Pintu Kota di Airlow
10. Gong Perdamaian Dunia (World Peace Gong)
11. VOC Bunker di Benteng Atas

Tari Lolyana|Barry KusumaTari Lolyana|Barry Kusuma

Maluku punya Tari Lolyana yang merupakan tradisi dan kebudayaan masyarakat Kepulauan Teon Nila, Serua. Tarian ini mengangkat upacara panen lola ke dalam bentuk pertunjukan. Umumnya Tari Lolyana ditarikan oleh gadis Ambon Manise. Lolyana sendiri adalah kata umum yang dipakai untuk pekerjaan mengumpulkan salah satu hasil laut, lola.


Ada juga Tari Gaba Gaba. Dalam bahasa lokal disebut Tari Saureka Reka. Tari Gaba Gaba ini dibuat sesuai dengan namanya gaba-gaba berarti pelepah daun sagu yang sudah kering dan ringan. Ketika panen sagu, batang pohon sagu ditebang untuk diambil patinya. Pati sagu ini merupakan makanan pokok pengganti beras. Pelepah batang ini tidak dibuang begitu saja, tetapi dikumpulkan lalu dikeringkan.

Tari Gaba-gaba di Maluku|Barry KusumaTari Gaba-gaba di Maluku|Barry Kusuma

Saat ini gaba-gaba digunakan sebagai perlengkapan tari. Di Maluku dan wilayah Indonesia timur lain, gaba-gaba juga digunakan sebagai dinding rumah yang bisa bertahan hingga belasan tahun. Gaba-gaba juga dipakai sebagai pengganti kayu untuk memasak. Tarian ini dibawakan oleh anak-anak selagi mereka menunggu orang tuanya panen sagu.

Wisatawan bisa mengunjungi Ambon dengan penerbangan langsung dari Bandara Soekarno-Hatta (Jakarta) atau penerbangan transit melalui Bandara Sultan Hasanuddin (Makassar), dan Bandara Sultan Babullah (Ternate). Adapun maskapai penerbangan yang melayani penerbangan ke Ambon tercatat Garuda Indonesia, Lion Air, Indonesia AirAsia, Wings Air, dan Sriwijaya Air. (BARRY KUSUMA)

Tari Bambu Gila dari Maluku|Barry KusumaTari Bambu Gila dari Maluku|Barry Kusuma

Sumber : www.alambudaya.com /Kompas.com

Editor : I Made Asdhiana

 

 

Comments  

 
0 #1 Miriam 2014-07-28 04:22
I blog frequently and I seriously appreciate your information. Your article has truly peaked my interest.
I'm going to bookmark your site and keep checking for new details about
oonce per week. I subscribed to your RSS feed as well.

Look at my weblog - Brave frontier hack tool: http://clickclackdistro.com/index.php?/126-Do-you-know-the-most-effective-ways-to-Get-Gems-in-Brave-Frontier.html
 

Add comment